Air Terjun Sigerincing adalah air terjun eksotis di Desa Tuo, Kabupaten Merangin. Air Terjun ini memiliki ketinggian mencapai 70 meter dan juga menawarkan suasana alam yang masih asri. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat fenomena pelangi di air terjun ini.

Tak disangka Kabupaten Merangin memiliki banyak sekali potensi wisata yang belum dieksplor secara maksimal. Keindahan alam yang dimiliki pun tak kalah dari Kerinci, yang telah lebih dulu dikenal dunia pariwisata. Aneka tempat wisata alam menarik dapat ditemukan di daerah ini, seperti Air Terjun Segerincing yang menjadi salah satu destinasi favorit di Merangin.

Suasana alam yang asri serta jauh dari hiruk pikuk keramaian menjadi daya tarik utama air terjun ini. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat indah, Air Terjun Segerincing menjulang tinggi lengkap dengan suara gemuruh air yang jatuh. Deretan rerimbunan pohon nan hijau, semakin mempercantik wajah air terjun ini.

Secara administratif, Air Terjun Segerincing terletak pada Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasinya berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Bangko, dan bisa dicapai dengan melakukan perjalan selama kurang lebih 2 jam. Wisatawan tak perlu bingung, karena terdapat beberapa angkutan umum dan juga travel yang bisa digunakan menuju ke lokasi air terjun.

Saat tiba di Desa Tuo, perjalanan pun harus dilanjutkan dengan melewati jalur berupa tanah berkerikil. Cukup ekstrim memang jika dilalui dengan mobil, namun jika wisatawan menggunakan motor bisa dengan mudah melewati jalanan ini. Bagi yang membawa mobil, dapat terlebih dahulu memarkirkan mobilnya di pemukiman warga lalu melanjutkan ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki.

Pesona Air Terjun Segerincing

Sebelum sampai di tempar Air Terjun Segerincing berada, pengunjung harus menuruni anak tangga yang terbuat dari beton. Anak tangga ini cukup licin, karena banyak ditumbuhi lumut sehingga wisatawan harus waspada dan berhati-hati. Tak hanya itu saja ada sebuah jalan beton dengan kemiringan mencapai 45 derajat yang harus dilewati wisatawan.

Air Terjun Segerincing memiliki ketinggian yang mencapai 70 meter serta lebar pancuran 6 meter. Saat tiba dilokasi air terjun, seluruh rasa lelah pun serasa sirna berganti dengan keceriaan. Air terjun ini memiliki aliran sungai dibawahnya, dengan air jernih dan kedalaman sekitar setengah meter yang bisa digunakan untuk mandi.

Saking tingginya air terjun, disekitarnya tercipta semacam percikan-percikan air yang nampak seperti embun dengan radius mencapai 50 meter. Percikan air ini terjadi karena air yang jatuh menghantam bebatuan sungai yang juga terlihat seperti asap. Fenomena ini cukup menarik, dan menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata.

Keindahan air terjun ini seolah semakin lengkap, dengan keadaan alam yang masih terjaga dan lestari. Banyak terlihat pepohonan hijau yang tumbuh, serta tebing tinggi menjulang yang juga dipenuhi tumbuhan. Wisatawan akan benar-benar dimanjakan dengan panorama yang ditawarkan, serta akan dibuat betah berlama-lama di air terjun ini.

Bebatuan sungai dengan berbagai macam ukuran pun menjadi penghias keindahan Air Terjun Segerincing. Dibatuan ini pengunjung bisa melepas penat, serta menikmati indahnya alam. Bersantai sejenak melupakan aktivitas sehari-hari dan juga menghirup udara segar.

Bersumber dari Sungai Siau yang berhulu di Gunung Masurai, membuat air terjun ini memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, wisatawan bisa langsung meminumnya, tanpa dimasak terlebih dahulu. Disini wisatawan juga akan menjumpai berbagai ikan yang berenang bebas, dan terlihat dengan jelas dari permukaan.

Anehnya, Air Terjun Segerincing masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Setiap harinya hanya sekitar 10 hingga 20 orang yang berkunjung. Pengunjung baru akan memadati tempat wisata ini saat libur lebaran, atau liburan panjang. Namun hal ini justru menjadi nilai lebih, karena suasana yang tenang dan bebas dari keramaian.

Fasilitas Air Terjun Segerincing

Kurangnya perhatian pemerintah setempat akan Air Terjun Segerincing membuat fasilitas yang bisa ditemukan pun masih sangat minim. Bahkan jalan menuju ke lokasi air terjun saja masih ala kadarnya, dan belum dilakukan perbaikan. Belum juga dibangun fasilitas seperti ruang ganti, kamar mandi, dan juga mushola di sekitar air terjun.

Membawa bekal dari rumah nampaknya menjadi sebuah keharusan ketika hendak berkunjung ke Air Terjun Segerincing. Karena masih sulit menemukan warung dan pedagang makanan di lokasi air terjun. Namun di Desa Tuo, terdapat beberapa warung yang bisa ditemukan dan wisatawan pun bisa membeli makanan di warung-warung ini.

Open chat