Geopark Merangin adalah situs warisan alami dari peninggalan zaman purba yang berada di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Geopark merangin berisi fosil-fosil dari daun, kayu, akar, hewan, dan juga kerang. Fosil tersebut diperkirakan berumur sekitar 300-500 juta tahun yang berada di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang. Fosil yang ada di geopark ini didominasi dengan fosil kerang, fosil mutiara purba, serta fosil kayu yang bisa dijumpai pada bebatuan sepanjang Sungai Batang Merangin, serta masih banyak yang tertimbun di tanah. Tak hanya pesona alamnya yang indah dan masih alami, namun warisan sejarah berbentuk fosil yang jarang bisa kita temukan di daerah lain sehingga menjadi icon peninggalan di Merangin.

fosil Purba di Geopark Merangin

fosil Purba di Geopark Merangin

Taman Bumi Geopark Merangin taman bumi dengan keasrian hutan tropis yang terdapat keindahan Fosil kayu yang berumur hampir 350 tahun, dengan air terjun jernih yang mengalir menjadi sungai-sungai, serta pepohonan yang tumbuh subur dengan usia tua. Semua keunikan geologi dan alam yang terdapat di Merangin-Jambi itu sekarang sedang di olah, di tata untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraa masyarakat dengan dibangunnya taman bumi atau geopark. Dengan pembuatan taman bumiĀ  dan konsep pembangunan geopark di Kabupaten Merangin, Jambi diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif.

Lokasi Geopark Merangin berada di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap, Kabupaten Merangin. Jarak lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih 6 jam dari kota Jambi dengan kendaraan motor / mobil. Untuk sampai ke lokasi fosil flora, hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan atau arung jeram melalui sungai sekitar 3 jam.

Untuk menyusuri dengan cara arung jeram, cara ini lebih menarik, menantang dan membutuhkan biaya lebih serta membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai lokasi. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa perahu berkisar 700 ribu dengan 1 orang guide lokal. Sampai disana banyak tersedia homestay dan rumah yang bisa anda sewa, meskipun tidak mewah namun hal ini yang menjadikan wisata ini lebih menarik. Suasana alam yang masih sangat natural membuat para wisatawan semakin menikmatinya.

Kawasan Taman Bumi Geopark Merangin adalah kawasan yang sudah mendapatkan SK dari Menteri ESDM sebagai kawasan Geopark Nasional. Hal tersebutĀ  karena Goepark Merangin ini merupakan fosil bumi memiliki seni, sejarah dan langka dan luar biasa. Menurut para ahli sejarah dan geofisika, fosil-fosil yang ada di Geopark Merangin ini masih sangat terjaga ke asliannya, berbeda dengan di negara lain yang sudah tersentuh teknologi dan campur tangan manusia.

Mengunjungi tempat ini tak hanya fosil saja, dalam sepanjang perjalanan selama 3 jam melalui arung jeram yang tidak pernah membosankan dengan disuguhkan pemandangan sungai, hutan, bahkan beberapa air terjun eksotis. Keseruan dalam perjalanan dengan rafting membutuhkan nyali, tenaga ekstra yang tidak bisa didapat selain di tempat ini. Sangat banyak spot untuk hunting foto yang menghasilkan foto yang sangat menakjubkan dengan gambar sungai, beraneka fosil, air terjun dan hutan.

wisata-geopark-merangin

wisata-geopark-merangin

Saat ini pemerintah sedang terus membangun berbagai fasilitas dan kemudahan bagi para pengunjungnya. Geopark ini menjadi salah satu warisan dunia yang natural di UNESCO. Sebuah upaya dari pemerintah setempat untuk mengangkat sistem ekonomi dan menjadi pusat tujuan para wisatawan asing.

Open chat