Gunung Masurai adalah gunung yang tidak aktif memiliki ketinggian 2.980 mdpl yang terletak di Kabupaten Merangin, Propinsi Jambi, Pulau Sumatera. Perjalanan dapat ditempuh sekitar 3 jam dari Bangko pusat kota kabupaten Merangin. Seperti khas gunung di Sumatra lainya yang masih alami setelah melewati pintu rimba, di kaki gunung ini terdapate kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) dan ditempati oleh masyarakat lokal maupun pendatang.

Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Masurai, terdapat pepohonan rimbun yang masih alami dan sejuk khas gunung di Merangin. Pohon-pohon yang penuh dengan lumut menandakan hutan ini masih sangat asri, suasana yang begitu segar menghilangkan penat para pendaki. Selain itu, banyak gambut dari sisa pepohonan yang empuk sering digunakan untuk istirahat sambil menikmati suasana alam. Bukan sebuah perjalanan pendakian biasa yang disuguhkan disini, namun nuansa alam yang eksotis dan sangat asri.

Rute pendakian di Gunung Masurai memiliki akses jalan yang cukup jelas, banyak tanda-tanda menuju ke puncak yang ditandai agar orang tidak kesasar. Namun untuk memastikan keamanan selama mendaki, sebelum mendaki agar mencari informasi akurat mengenai rute tersebut atau membawa guide lokal disana.

Rute Perjalanan Ke Puncak Masurai

Jika anda dari Kota Jambi kota yang selanjutnya dituju adalah kota Bangko. Setelah ke Bangko anda dapat menuju Kerinci, lalu ke arah Jangkat Jangkat lalu ke desa Lalang yang merupakan titik awal pendakian gunung Masurai.

Dari titik awal di Desa Sungai Lalang,  anda memerlukan butuh waktu sekitar 6-8 jam untuk menuju puncak satu. Di titik awal pendakian hingga ke pintu rimba terdapat sumber banyak dari ladang penduduk. Namun setelah Shelter 1 hingga puncak tidak ada sumber air, oleh karena itu pendaki membawa pasokan air dari
shelter 1. Bawasanya pendaki berkemah pada ketinggian 2.900 mdlp yang masih cukup aman dari binatang buas.

Sampai di atas, gunung ini memiliki danau cantik dengan nama Danau Kumbang, pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl yang sudah banyak dikenal masyarakat jambi. Selain itu di puncak gunung masurai terdapat danau lain seperti danau mabuk, danau merah dan danau larangan. Namun danau ini sulit dijangkau karena akses perjalanan yang rumit. Danau kumbang dengan air pegunungan yang bening dengan dikelilingi pohon yang masih sangat natural tercipta suasana sejuk dan asri.

Danau kumbang puncak gunung masurai

Danau kumbang puncak gunung masurai

Tidak hanya sampai disitu, di atas juga terdapat bunga hutan yang cantik yang jarang kita temui di bawah. Hal ini membuat para pecinta alam semakin terkesan jika berkunjung le lokasi ini. butuh adrenalin, tenaga yang ekstra untuk sampai kesini karena medan yang dilalui masih sangat asri dan tidak tersentuh pembangunan oleh manusia.

Open chat