Jambi adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatra yang terdiri dari 11 kabupaten/kota, salah satunya yaitu Kabupaten Merangin. Kabupaten ini memang belum begitu familiar bagi para wisatawan, namun justru ini membuat wisata alam disana masih terasa sangat natural dan alami dan belum terkontaminasi oleh limbah dan sampah. Tempat wisata yang masih alami untuk me refresh pikiran yang salah satunya adalah air terjun. Air terjun yang terdapat di berbagai pegunungan di Jambi terasa sejuk dan karena keindahanya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Berikut adalah Wisata air Terjun di Provinsi Jambi yang paling hits.

Air Terjun Dukun Batuah

Air Terjun Dukun Batuah kerap dikaitkan dengan nuansa mistis, karena lokasi air terjun ini cukup sulit dijangkau. Para pendatang wisatawan air terjun Dukun Batuah memiliki rute yang menantang untuk mencapai lokasi ini. Memerlukan perjuangan extra, membelah hutan dan jalan setapak. Berada di Rantau Suli, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin. Dengan perjuangan yang harus extra untuk kesana hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman menantang ataupun wisatawan pecinta alam. Sungguh menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan ketika melewati jalan menuju destinasi Air Terjun Dukun Batuah.

air terjun dukun batuah merangin jambi

air terjun dukun batuah merangin jambi

Rute perjalanan ke destinasi ini wisatawan dari pemukiman warga sekitar 1,5 kilometer yang hanya bisa ditempuh berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor, mobil dan kendaraan besar tidak dapat melewatinya. Sesampainya di sana, wisatawan harus melewat jalan setapak yang extrem dan berbagai batuan. Disana terdapat banyak pohon rotan yang dijadikan pegangan bagi para wisatawan.

Setelah tiba di lokasi dan melewati perjalanan yang sangat menantang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan dan panorama yang indah dari air terjun ini. Bagaimana tidak, Air Terjun ini memiliki ketinggian yang hingga sekitar 100 meter yang masih alami dan terlihat indah. Air yang mengalir deras dengan debit air banyak yang bersih dan segar membuat kita terperangan oleh keindahan air terjun yang satu ini.

Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing, berada di Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai. wisatawan harus menempuh dua jam perjalanan dari kota Bangko untuk mengunjungi air terjun ini. Memiliki ketinggian sekitar 70 meter tersebut sering dijadikan tujuan utama wisata Alam di Provinsi Jambi. Kesejukan air terjun dan keindahanya membuat wisatawan betah disini untuk menghilangkan suasana kepenatan di Kota. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sigerincing harus melewati ratusan anak tangga dari cor semen. Tidak hanya dilokasi namun setiap perjalanan menuju Air terjun ini terdapat banyak keindahan alam pegunungan di Jambi.

air terjun sigerincing

air terjun sigerincing

Air terjun dengan ketinggian mencapai 70 Meter, percikan-percikan air terjun Sigerincing ini membuat kabut dengan radius hingga 50 meter. Fenomena ini terjadi karena air yang jatuh mengenai bebatuan sehingga menjadi fenomena yang memanjakan mata dan menambah kesejukan bagi wisatawan. Keindahan air terjun tidak hanya sampai disini yang bisa kita lihat di sekitar lokasi, dengan alam yang masih terjaga dan natural. Pepohonan hijau, tebing-tebing menawan yang membuat wisatawan akan terkesima melihat panorama yang ditawarkan.

Air terjun sigerincing adalah air dari Sungai Siau yang berhulu di Gunung, sehingga kondisi air terjun ini sangat jernih. Banyak wisatawan yang langsung meminum air disini, selain itu ikan-ikan yang berenang gembira yang dapat kita lihat langsung. Suasana disana memang belum ramai pengunjung, namun hal ini membuat wisatawan malah penasaran karena nuansa sepi akan memanjakan hati dan perasaan setiap pengunjung untuk menikmati tanpa terganggu kebisingan selain alam.

Keindahan air terjun ini sangat cocok sebagai destinasi wisata bagi para penikmat hunting foto. Sungguh keindahan yang alami dan tidak mengeewakan serta berbeda dari tempat lai. Ada kalanya cipratan air terjun ini yang terbias oleh sinar matahari sehingga menambah eksotis pemandangan ketika berfoto. Sungguh menakjubkan bukan?

Air Terjun Telun Perentak

Air Terjun Parentak memiliki keindahan yang unik dan sangat berbeda, air terjun alami yang terlihat exotis banyak dikunjungi karena air terjun ini berbentuk berundak. Provinsi Jambi, memang memiliki wisata alam yang eksoti, seperti halnya di Merangin terdapat berbagai air terjun. air etrjun di Jambi mayoritas memiliki letak di dalam hutan yang menantang saat ini datang ke lokasi.

Air-Terjun-Telun-Perentak

Air-Terjun-Telun-Perentak

Secara administratif, letak Air Terjun Telun Perentak berada Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi. Dari Kota Bangko, letak air terjun ini sekitar berjarak 60 km yang biasa ditempuh dengan perjalanan 1.5 jam saja. wisatawan yang datang kesini dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan, namun setelah dipemukiman warga terdekat hanya bisa menggunakan motor atau jalan kaki. Dari pemukiman warga berjarak sekitar 1 km perjalanan yang dipenuhi pepohonan hijau, tebing bebatuan dan kicauan burung alam.

Memiliki ketinggian mencapai 50 meter, Air Terjun Telun Perentak ini terlihat unik, karena air tidak terjung langsung kebawah melainkan melalui batuan yang terlihat berundak. Terlihat dengan jelas, air yang jernih dengan debit air tinggi menghasilkan suara gemericik. Keunikan dari Air Terjun Parentak ini sangat berbeda yang membuat wisatawan ramai berkunjung ke tempat ini.

 

Open chat