Provinsi jambi menyuguhkan pesona alam yang ada didalamnya, seolah wisata yang tak ada habisnya dan masih sangat alami. Provinsi Jambi memiliki gunung-gunung, perbukitan yang masih alami serta terdapat berbagai pesona alam seperti goa, air terjun hingga fosil. Salah satu wisata alam yang unik dan alami adalah wisata goa yang salah satunya adalah Ga Ulu Tiongko. Goa Ulu Tiongko adalah goa yang sudah ada sejak jaman purbakala. Para pengunjung goa untuk sampai lokasi ini harus memiliki perjuangan ekstra melwati batuan bukit dan hutan.

goa tiangko zaman pra sejarah

goa tiangko zaman pra sejarah

Lokasi Goa Ulu Tiangko terletak di desa Tiangko, Sungai Manau, Merangin Propinsi Jambi. Jika anda dari Jambi selanjutnya anda bisa menuju kota Bangko, dari kota Bangko anda melanjutkan perjalanan menuju kota Air lalu ke Batu yang jarak tempuhnya sekitar 3 jam atau sekitar 49 kilometer. Perjalanan dapat ditempuh dengan berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil, minibus dan sebagainya. Sebelum ke lokasi dari pemukiman masyarakat, goa ini hanya dapat di akses dengan jalan kaki melewati bebatuan, pegunungan dan melintasi hutan.

Goa ini memiliki ukuran sekitar 4 meter pada mulut goa tersebut. Suasana Goa tiangko di Merangin ini terasa seju dengan angin pegunungan yang segar bebas polusi udara. Goa Tiangko ini di jaga oleh masyarakat karena merupaka bagian Cagar Alam Goa Ulu Tiangko. Terdapat keindahan berupa sungai bawah tanah, serta peninggalan manusia purba seperti ukiran atau lukisan di dinding goa yang masih bia anda lihat dengan jelas.

Goa Tiangko menurut penelitian telah ada pada zaman purbakala dan menemukan menemukan berbagai peninggalan kuno berupa  tembikar, alat serpih dan juga batu-batuan obsidian.

Open chat